Minggu, 03 Agustus 2014

Resep Sajian Soto Ayam Ambengan Yang Enak

Soto ayam ambengan adalah satu diantara masakan khas kota Surabaya. Semula timbulnya nama soto ambengan ini konon datang dari nama depot soto satu diantara pedagang soto di surabaya yang bernama Pak sadi yang terdapat di Jalan Ambengan Surabaya. Tak seperti rasa soto yang ada di daerah yang lain seperti Soto Tangkar Khas Betawi serta juga yang lain, soto ambengan yang telah berdiri dari th. 1970 ini benar-benar populer dengan rasa koya sotonya yang khas. Lantaran terkenalnya kelezatan soto ayam itu, maka orang-orang umum menyebutkan seluruhnya soto ayam khas Surabaya untuk Soto Ayam Ambengan.

Nah, bila anda mau juga mencicipi nikmatnya soto ambengan itu, janganlah cemas anda tak mesti jauh-jauh pergi ke surabaya, lantaran tersebut di bawah ini kami siapkan resepnya komplit yang dapat segera anda cobalah sendiri dirumah serta dapat segera menikmatinya berbarengan keluarga.

Bahan Yang Dibutuhkan :

1/2 ekor ayam kampung
1 1/2 sdm garam
2 liter air
3 sdm minyak, untuk menumis

Bahan Pelengkap :

150 gram kol, ins halos
50 gram soun kering, seduh dalam air panas
3 butir telur rebus, iris dua
1 batang daun bawang, irislah halus
2 batang seledri, irislah halus
2 sdm bawang goreng
2 sdm bawang putih goreng
2 buah jeruk nipis, belah
Kecap manis
Kerupuk udang sambal kemiri

Bumbu Yang Dihaluskan :

8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt merica
3 cm kunyit, bakar

Bumbu Lainnya :

5 lembar daun jeruk
2 batang serai memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
3 cm jahe, memarkan
1 sdt gula putih
1/2 kaldu bubuk

Langkah bikin Soto Ambengan :
  • Rebus ayam, garam, serta air sampai daging ayam empuk. Angkat dagingnya, tiriskan. Sisihkan air kaldunya untuk kuah soto. Goreng daginga ayam sampai kuning kecoklatan. Angkat suwir-suwir.
  • Tumis bumbu yang di haluskan sampai harum. Masukkan daun jeruk, serai, lengkuas serta jahe. Tumis hinggabumbu masak. masukkan kedalam air kaldu. Rebus kembali diatas apikecil sampai mendidih. Masukkan daun bawang, angkat.
  • Tata kol, soun, ayam suwir, serta telur rebus didalam mangkok. Taburi dengan daun bawang, seledri, bawang goreng, serta bawang putih goreng. Hidangkan soto dengan jeruk nipis, kecap, kerupuk udang, serta sambal kemiri.